Sabtu, 21 Juli 2012

Rahasia Biar Gak Kekenyangan Saat Buka Puasa

Rasanya bisa dibilang mayoritas dari kita mengalami kekenyangan saat berbuka, nggak jarang kita dipengaruhi rasa ingin balas dendam setelah menahan lapar seharian sehingga saat berbuka tiba rasanya semua makanan ingin disantap, mmm..Teringat waktu masih SD, suka ngumpulin makanan disiang hari, dengan harapan akan dimakan saat berbuka, tetapi apa daya perut tidak muat karena sudah kenyang duluan.

Padahal adab atau tata cara berbuka yang baik dan benar sudah ditutunkan oleh Rasulullah SAW, namun sampai sekarang masih banyak dari kita yang melalaikannya atau mungkin malah belum mengetahunya. Yupz, sekedar ingin sharing untuk bisa berbuka dengan benar sehingga puasa lancar, ibadah tidak terganggu.

Tips Berbuka Puasa dengan baik dan benar: 

Awali buka puasa minuman hangat dan manis 
seperti kolak, sirup, segelas teh hangat ataupun minuman manis lainnya.
Lanjutkan dengan makanan manis 
Mengkonsumsi kurma barang 3 – 5 biji saat berbuka akan cepat mengembalikan energi. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda. Bahkan beberapa saat lalu beredar info bahwa minuman bersoda memicu berbagai macam penyakit berbahaya,
Jangan langsung minum air dingin atau es
Meski minum es saat berbuka sangat menggoda, apalagi kalau menjelang maghrib kita ngabuburit, wow.. sepanjang jalan banyak dijajakan es buah dengan berbagai ragamnya. Alih-alih minum es, biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak dan bisa menyebabkan kita buang angin saat sholat tarawih.
Tunaikan sholat maghrib terlebih dahulu
Dengan perut berisi segelas minuman manis hangat dan beberapa butir kurma atau manakan ringan lainnya, maka kita bisa sholat maghrib dengan ringan alias tidak kekenyangan.
Kemudian menyantap hidangan utama (atau bahkan baru menyantap hidangan utama setelah sholat tarawih)
Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat, jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan asinan.
Konsumsi Jus buah-buahan
Bila hidangan utama disantap setelah sholat tarawih maka setelah sholat maghrib kita bisa minum jus dengan beragam buah sambil melanjutkan makan makanan ringan lainnya. 
Kunyah makanan lebih dari 30kali
Meskipun kita seharian lapar dan ingin segera menyantap aneka jenis makanan yang sudah tersedia di meja makan, tetapi usahakan kita tetap mengunyah makanan lebih dari 30x. Berdasar buku “the miracle of enzim“, apabila kita mengunyah lebih dari 30 kali maka enzim-enzim dalam mulut akan bisa bekerja dengan optimal, sehingga kita bisa terhindar dari kekenyangan karena sebelum kita menyantap banyak, perut akan sudah terasa penuh duluan.
Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap 
Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik. Apabila makanan sudah dikunyah dengan baik, maka usus besar akan bisa menunaikan tugasnya dengan baik pula, dan kita terhindar dari masalah BAB selama bulan puasa.
Atur atau takar jumlah makanan yang dikonsumsi 
Agar tidak kekenyangan dan mengganggu ibadah sholat maghrib maupun tarawih. Karena sehari hanya makan dua kali yaitu saat berbuka dan sahur, maka pengaturan jumlah atau porsi makan menjadi penting agar ibadah kita berjalan lancar.
Perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat 
Serat banyak terdapat dalam sayur dan buah, meski yang menarik adalah gorengan dan daging, tetapi usahakan kita banyak makan sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.
Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi
Walaupun menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Meski secara nasional selama bulan puasa belanja bahan makanan lebih tinggi, karena kebanyakan orang tua ingin memberikan reward pada putra-putrinya dengan makanan kesukaan dan ekstra karena mereka sudah berhasil menjalankan puasa dengan menahan lapar seharian.
Bila diperlukan konsumsilah vitamin seperti vitamin A,B, C dan E
Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.(purwatiwidiastuti.wordpress.com)

Selamat menunaikan ibadah puasa.

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar