Sabtu, 28 Juli 2012

Alasan Kenapa Harus Meredesain Logo

Kenapa Anda Harus Meredesain Logo ? Apa perlu redesain logo yang sudah dikenal banyak orang / masyarakat ? Banyak pertimbangan redesign logo penting menjadi alasan kenapa Anda harus meredesain logo perusahaan atau organisasi Anda. Apa alasan penting meredesain logo ? Tidak mudah memang mengganti begitu saja sebuah logo yang awalnya sudah menancap di hati para konsumen dan masyarakat yang sering kita sebut dengan brand awareness itu. Kita tahu dengan merombak logo akan ada rangkaian proses panjang akan mengikuti dan tidaklah murah.

Begitu juga ada waktu khusus untuk mengambil keputusan besar dalam mengganti desain logo perusahaan yang biasanya ditandai oleh beberapa keiginan perubahan internal sebuah perusahaan.
Ketika logo digunakan untuk beberapa tahun, kesadaran konsumen terhadap sebuah merek yang terukur besar dapat menjadi sarana berharga  gudang senjata pemasaran perusahaan besar. Dengan pemikiran, logo kembali desain sering menerapkan perubahan halusuntuk me-refresh tampilan sementara mempertimbangkan pengakuan pelanggan.

Logo tidaklah selalu kompeten dalam semua masa, ada waktunya desain logo diperbaharui agar sesuai dengan tuntutan jaman. Memang, perubahan sebuah logo baru dengan pendahulunya tidak ada perubahan atau tidak signifikan. Dengan cara tersebut pergeseran awareness masyarakat bisa diarahkan tanpa banyak usaha. Akan terjadi kebingungan tentang brand jika sampai terjadi perubahan yang menyeluruh dan total benar-benar berbeda. Lebih baik buat perusahaan baru untuk menjaga citra. 
Alasan Mengapa Harus Meredesain Logo

Tentu hal tersebut didapat dari riset, mencari fakta-fakta tentang entitas termasuk pesaing dan konsumen. Misalnya jika entitas berupa perusahaan, maka yang akan diriset adalah seputar analisa pasa, keadaan / kondisi perusahaan, sektor industri, visi, misi, struktur perusahaan, target, keunggulan, kekurangan dan juga teknologi (S.W.O.T). Singkatnya aspek luar dalam yang berpengaruh. Yang kemudian diterjemahkan menjadi informasi yang akan didiskusikan perlu tidaknya kebijaksanaan meredesain logo.

Dalam banyak hal kita bisa membuat kumpulan sejenis yang akan memudahkan kita dalam mengetahui dan memahami sesuatu dari ciri khususnya. Sama halnya dengan alasan meredesain logo. Jika kita kelompokkan maka alasan meredesain logo adalah sebagai berikut :
Redefine your identity. Re-design your logo.

1. Berubahnya Visi dan Misi perusahaan

Pertimbangan redesign logo yang pertama ini adalah alasan paling sering terjadi. Ada sederetan perusahaan yang beralih kepemimpinan atau kepemilikan. Imbas dari hal tersebut biasanya adalah mengawinkan visi misi perusahaan lama dengan yang baru. Entah itu take over, merger, akuisisi dan sejenisnya. Perkawinan atau penyesuaian Visi dan misi perusahaan akan sedikit banyak mempengaruhi desain logo. Meskipun bidang atau sektor perusahaan tetap sama, namun komunikasi dan brand perusahaan bisa berbeda. Menyinggung soal brand akan tidak jauh dari logo karena logo merupakan elemen desain penting yang banyak dipakai untuk komunikasi massa.

La kok bisa visi misi? Coba kita pahami lagi, dalam visi yang berbeda akan menimbulkan misi yang bebeda pula. Visi Misi berubah maka keseluruhan bidang akan terkena imbasnya. Branding? Juga bisa termasuk di dalamnya. Citra perusahaan adalah dipakai agar visi perusahaan terpenuhi.

2. Logo mirip dengan logo lainnya

Pertimbangan redesain logo kedua adalah berdasar sense of identity. Pada suatu ketika logo kita secara tidak sadar mirip dengan suatu logo tertentu yang dulunya tidak besar menjadi melebihi ketenaran brand Anda. Mirip yang dikatakan disini adalah mirip soul nya. Bisa dari warna, bentuk, letak, susunan, proporsi dan teknik pembuatan. Objek boleh sama, konsep boleh sama, tapi kalau soul nya jangan. Tentu perusahaan tidak ingin mengobankan brand menjadi ambigu atau rancu dengan brand orang lain. Miskomunikasi jatidiri bisa sangat fatal imbasnya.

Kemiripan menghilangkan keunikan. Karena logo menciptakan gambaran mental terhadap sebuah brand, maka bila ia terkena masalah, maka yang terimbas adalah seluruh entitas yang diwakilinya. 

Kenapa Harus Meredesain Logo

Apa yang Anda pikirkan setelah melihat logo di atas ini? Bentuk sama-sama lingkaran dengan gaya pembuatan yang sama. Penempatan garis putih mengelilingi simbol diatas lingkaran warna hijau sama persis dan ukuran juga sama. Objek bintang juga ada bahkan sama-sama memakai simbol mitologi yang juga ditempatkan ditengah. Faktanya, kedua logo tersebut mewakili perusahaan produk yang sama: kopi. Saya yakin banyak yang meniru gaya starbucks meskipun tidak semuanya bisa diadili.

3.Ada masalah teknis pada saat menggunakan logo

Pada saat dulu membuat desain logo kita kadangkala tidak memperhitungkan banyak hal secara kompleks sesuai dengan keadaa masa pembuatannya. Paerusahaan semakin maju, banyak hal untuk branding menggunakan logo. Misal cost. Singkat cerita, bisa kita bedah menjadi beberapa hal

Warna terlalu banyak. Banyak warna sama artinya dengan banyak pengeluaran biaya pembuatan. Pertimbangan redesain logo ini terutama mengenai masalah cetak. Baliho, kartu nama, spanduk, banner, koran, majalah, dan banyak lainnya. Jika perusahaan menganggap bahwa warna yang banyak ini menimbulkan imbas yang banyak pada cost, maka dengan redesign logo akan mengurangi beban biaya reproduksi yang cukup.

Kenapa Harus Meredesain Logo

Bentuk kurang sempurna. Pada dasarnya ada karena bentuk akan mempengaruhi ekspresi dan penilaian seseorang pada sesuatu. Ya, seperti layaknya sebuah cover majalah yang jelek dengan isi yang bagus, orang tidak akan melihatnya bahkan membelinya. Bentuk kurang sempurna ini bisa alur mata pada sebuah bentuk, jarak objek logo terlalu dekat, logotype susah dibaca, dan sebagainya. Terutama akan berpengaruh pada saat gambar logo cukup kecil seperti ukuran 18pt font.

Logo susah dibuat variasi. Hal ini lumrah adanya pada saat perusahaan akan membuat divisi baru. Logo harus mirip dengan logo parent nya. Contoh kasus FedEx yang mempunyai banyak divisi. Dengan pembedaan warna saja logotype FedEx berhasil dibuat variasi. Namun, banyak logo yang tidak bisa dibuat sama halnya dengan FedEx. Beda bentuk dan tulisan beda masalah.

4. Logo tidak sesuai jaman

Pada perjalannya branding sebuah perusahaan akan mengakar semakin kuat. Lihat saja starbucks. Dulunya orang tidak mengenal symbol yang dipakai dalam logo starbuks. Seiring menguatnya kesadaran konsumen dan massa hanya menampilkan symbol saja orang sudah tahu bahwa itu adalah starbucks (kenapa lagi-lagi starbucks –lagi naik daun kali yee). 

Ada contoh lain dalam pertimbangan redesain logo kategori ini, misal AT&T yang dulunya adalah gambar bel sekarang menjadi bentuk bola warna biru. Pada masa itu orang belum mengenal komunikasi modern seperti telepon genggam layaknya yang ada sekarang. Orang akan paham bahwa bel seringkali digunakan untuk komunikasi yang menjadi fokus perusahaan ini. Meskipun dulu AT&T juga belum memproduksi telepon, namun segi komunikasi inilah yang sedang kita bicarakan. 

Memang dari masa ke masa perusahaan ini menambah beberapa bidang produksi, yang tentu saja masih berhubungan dengan sektor komunikasi. Kini, bel tidak lagi alat yang utama digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Maka merupakan alasan tepat bahwa AT&T meredesain logonya sesuai dengan jaman dan kondisi perusahaan.

Pada intinya meredesain logo digunakan untuk menentukan ulang identitas / brand sebuah perusahaan sehingga tepat guna dan sesuai dengan harapan / kondisi perusahaan tersebut. Dan meredesain logo perusahaan disebabkan oleh perusahaan tersebut ingin mempunyai merk dagang baru dan lebih kompetitif pada jamannya. Seperti halnya visi misi value perusahaan yang dapat berubah seiring waktu berjalan dan tujuan perusahaan telah tercapai sehingga harus ada perubahan yang lebih baik.

Mungkin ada alasan lain dibalik kenapa wajib meredesain logo perusahaan. Berbagilah dengan kami pengalaman dan pengetahuan Anda mengenai masalah ini sehingga tercapai cakupan yang lebih informatif dan mendidik.

Referensi
  1. Cabarga, Leslie, Logo, Font & Lettering Bible, Ohio: F+W Publications, inc, 2004.
  2. Rustan, Surianto S.Sn., Mendesain Logo, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.
  3. Sihombing, Danton, MFA., Tipografi Dalam Desain Grafis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001
  4. http://blogs.atlassian.com
  5. http://www.ahlidesain.com
  6. http://www.starbucks.com
  7. http://www.identitywork.com
  8. dan dari berbagai sumber lain.
Salam kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar