Selasa, 07 Agustus 2012

Sebulan Ditutup, Jalur Ciregol Dibuka Kembali

Brebes - Setelah hampir satu bulan ditutup, jalur tanjakan Ciregol di jalan nasional ruas Jakarta - Tegal - Purwokerto, tepatnya di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mulai Senin 06 Agustus 2012 dibuka kembali.

Kendaraan yang semula melewati jalur alternatif di jalan kabupaten ruas Karangsawah-Purwodadi-Linggapura, kini kembali melewati Ciregol yang telah mulus diaspal. Meski begitu, pengendara tetap harus hati-hati karena kondisi jalan bersifat darurat dan di kedua sisi jalan juga ada tebing setingi hampir tujuh meter yang rawan longsor.

"Ciregol dibuka mulai hari ini (Senin-Red) pukul 08.00 WIB," ujar Kapos Lantas Bumiayu, Aipda Srigijanto.

Meski telah dibuka kembali, ciregol masih terbatas untuk kendaraan dengan tonase dibawah 16 ton. Sementara kendaran diatas dua sumbu atau 16 ton belum diperkenankan untuk melintas. Pembatasan itu sesuai intruksi gubernur Jawa Tengah, H Bibit Waluyo saat meninjau Ciregol pada Jumat 03 Agustus 2012 lalu.

Pembatasan itu membuat belasan kendaraan berat jenis truk tertahan di dekat lokasi. Tepatnya, di depan rumah makan Mustika berjejer sampai ke dukuh Karangjati. "Kendaraan berat belum ada keputusan untuk diperbolehkan untuk lewat, sehingga masih tertahan," kata Srigijanto.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tegal-Slawi-Prupuk-Ajibarang PT Bina Marga Wilayah Tegal, Agus Setiyono mengatakan, jalan Ciregol meski telah dibuka kondisinya darurat. Pengaspalan jalan dilakukan hanya satu lapis dan jika dilewati kendaraan berat akan cepat rusak, bahkan dikawatirkan akan ambles lagi seperti sebelumnya.

"Perbaikan di Ciregol bersifat darurat sehingga akan cepat rusak jika dilintasi kendaraan berat," katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Dikatakan, selanjutnya untuk pekerjaan pekerjaan perbaikan darurat Ciregol sementara berhenti dan akan dilanjutkan setelah Lebaran nanti. Nantinya pekerjaan akan melanjutkan melandaikan tebing dan pekerjaan pamasangan beton pemecah arus air yang akan dipasang di sungai Pedes. "Sementara pekerjaan berhenti dan dilanjutkan setelah Lebaran," kata Agus.

Salam kreatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar