Kamis, 09 Agustus 2012

Manfaat Website Bagi Perusahaan

Ada banyak hal positif bagi perusahaan bila mempunyai website. Manfaat website bagi perusahaan yang begiu besar akan didapatkan untuk menguatkan posisi dan profitabilitas perusahaan tersebut. Sebagai penyedia jasa desain grafis dan perusahaan jasa desain website kami bangga bisa berbagi pengalaman kepada Anda. Semenjak Indonesia menjadi pengguna Internet terbesar se-asia tenggara tentu bisa dibayangkan banyaknya pengguna internet di republik ini. Begitu juga diiringi akses internet semakin mudah dan murah sehingga akan terus tumbuh dan berkembang. Mulai dari masyarakat dari berbagai kota besar seperti jakarta hingga merambah ke pelosok kota kecil. Saat ini tidak hanya komputer saja yang bisa digunakan untuk mengakses internet yang biasanya tersedia di warnet atau menggunakan pendrive untuk tablet computer dan pc yang terhubung internet telepon rumah. Kini sudah bisa menggunakan piranti lain seperti handophone, blackberry, iphone, dan smartphone android dsb. Dengan kenyataan yang demikian maka internet merupakan media terbesar yang bisa diakses semua orang kapan pun dan dimana pun.

Manfaat website bagi perusahaan paling penting yaitu :

Meningkatkan visibilitas perusahaan



Dengan membuat website perusahaan berarti menambah visibilitas atau tingkat dikenal masyarakat serta pelangga lama maupun develop konsumen baru. Layaknya showroom (ruang pamer) yang bisa dilihat oleh lebih banyak orang tak terbatas wilayah dan waktu.

Menyediakan informasi penting berupa profil perusahaan secara detail

Dalam dunia periklanan, promosi dilakukan untuk mengenalkan produk baru, perusahaan baru, atau bahkan event campaign dan peningkatan citra persuahaan. Dalam proses marketing ini perusahaan berusaha selain untuk dikenal melaui peningkatan kepercayaan juga menggalang konsumen. Begitu pula website. Perbedaan paling mendasar adalah sistem marketing tradisional kurang bisa menjawab kebutuhan konsumen yang lebih khusus. Seperti keingin tahuan konsumen terhadap suatu perusahaan. Konsumen model ini adalah calon klien yang menginginkan kerjasama. Sebagai penggalangan informasi lebih mendalam biasanya akan contact dan diatur pertemuan guna membahas detail.

Namun sebelum lebih jauh untuk contact te ntu Anda sebagai penyedia atau perusahaan membutuhkan alat untuk menjelaskan secara umum perusahaan Anda. Seperti sejarah, profile, coverage, layanan dan keunggulan Anda dibandingkan provider lainnya. Mereka ingin mengenal Anda. Jelas, ini dibutuhkan dalam proses pembangkitan kepercayaan. Selain menambah prestige juga meningkatkan engagement dengan mereka yang berminat pada perusahaan Anda. Mereka akan terbantu dengan ulasan perusahaan Anda. Penawaran dan syarat-syarat kerjasama bisa ditulis secara terperinci dan mudah dipahami. Setelah itu kepercayaan terbentuk dan berani untuk mengajukan penawaran pada perusahaan Anda. Tidak mungkin kepercayaan dibentuk jika tidak dikenal. Ingin dikenal berarti harus menambah informasi. Perusahaan lain akan melihat dan menilai potensi kerjasama dengan perusahaan Anda melalui media ini. Juga, Anda tidak perlu mengulang menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sudah sangat umum ditanyakan. Dalam pertemuan kerjasama barulah detail akan lebih digali.

Menginformasikan produk dan jasa perusahaan secara mendetail

Iklan di TV dan media massa hanya bisa ditulis sekilas saja. Terbatas waktu tayang. Begitu juga budget yang besar. Website unggul dalam memberikan informasi yang lebih detail dan terperinci yang tak dibatasi waktu, tempat dan biaya yang besar. Jika diibaratkan sungai makan iklan TV dan media massa adalah sumber mata air. Sedangkan website adalah bendungan. Tempat para konsumen bisa mendapatkan informasi lebih banyak. Dan lautnya adalah toko, retail, dan perusahaan Anda sendiri untuk proses jual beli. Iklan dibuat untuk mengenalkan website dan juga langusng pada penjualan. Kadangkala itu masih kurang. Maka websitelah jawabannya.

Memudahkan pelanggan menghubungi

Sungguh membosankan menjawab pertanyaan pelanggan yang berulang-ulang. Sekali dua kali masih OKE. Terlebih lagi ketika pelanggan menelpon di saat yang sama dan dengan jumlah queue yang panjang. Merepotkan dan kurang efektif. Kalau konsumen Anda sudah jutaan Anda diwajibkan hire atau mempekerjakan operator. Dengan menggunakan website, perusahaan Anda akan lebih mudah meyampaikan hal-hal yang seringkali ditanyakan. Buat saja QA dalam website. Mulai harga, keunggulan, manfaat produk, ketersediaan produk, dan sebagainya. Jam kerja Anda juga terbatas mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore, selebihnya adalah istirahat meluangkan waktu buat keluarga. Diluar jam tersebut ada saja konsumen yang ingin mendapatkan informasi tentang perusahaan dan produk Anda. Bila mendesak akan mengganggu waktu berharga Anda. Bila tidak ditangani bisa membahayakan perusahaan, peluang medapatkan klien berkurang.

Anda juga bisa membatasi dan mengelompokkan informasi yang bisa diakses oleh user website. Beda perlakuan antara user bisa dan klien yang sudah terpercaya. Anda bisa memberikan hak khusus bagi mereka yang terpercaya untuk mengakses lebih banyak informasi perusahaan Anda. Misal, akses pengiriman barang, update harga distributor, ketersedian barang dalam sebuah wilayah dan sebagainya.

Meningkatkan kualitas layanan pelanggan


Kaki dan tangan kita terbatas. Meskipun operator kita sudah banyak masih saja kalah dengan jumlah klien. Pelanggan yang secara langsung berhubungan dengan produk Anda akan menemukan masalah dan persoalan pelik terkait produk. Latar belakang konsumen dan ketidaksamaannya kualitas barang yang direlease perusahaan menjadi sumber permasalahan. Minimnya informasi akan memperparah hal ini. Belm-belum konsumen sudah mengatakan produk Anda cacat. Kita dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal yang memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support. Dengan demikian pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya.

Pelanggan dapat mencari sendiri mengenai jawaban atas keluhannya atau mengisi form support jika gagal menemukan. Setelah form support lengkap diisi, team support akan menrima keluhan pelanggan dan menindaklanjuti. Pelanggan dapat masuk ke website kita siang ataupun malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24×7 atau 24 jam sehari. Dengan adanya website kita mempunyai peluang meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas akan terus menggunakan produk atau jasa kita, merekomendasikan perusahaan kita kepada orang lain dan meningkatkan pendapatan perusahaan.(ahlidesain.com)

Salam kreatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar